Sekilas tentang Java Script


DASAR PEMROGRAMAN JAVASCRIPT



A. Mengenal Javascript

1.  Apa itu javascript
Javascript merupakan bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming, artinya pemrosesan dilakukan di sisi klien. Berbeda dengan PHP yang diproses di sisi server dimana browser akan melakukan loading ketika program sedang diproses di server. Sedangkan pada pemrosesan javascript, browser tidak perlu melakukan refresh atau loading.
Karena  sifatnya  yang  diproses  di  sisi  klien  maka  respon  dari  jauh  lebih  cepat  dibanding pemrograman yang diproses di server. Selain itu, javascript juga dapat digunakan untuk membuat animasi teks maupun gambar. Namun karena sifatnya yang diproses di sisi klien, skrip javascript dapat dilihat oleh pengunjung website dengan membuka source code pada browser. Selain itu, hampir semua browser memiliki fitur untuk mematikan javascript bahkan memanipulasi kode javascript. Oleh karena itu, kita tidak bisa sepenuhnya bergantung dengan javascript.

2.  Kegunaan javascript
Pada awal perkembanganya, javascript digunakan untuk membuat interaksi antara user dan website menjadi lebih cepat seperti pada validasi form yang lebih cepat dibanding menggunakan PHP yang  harus  menunggu  beberapa  saat  untuk  melihat  hasil  validasi.  Namun  dalam perkembanganya, javascript  digunakan  untuk  berbagai  keperluan  yang  lebih  modern  seperti animasi elemen web, fitur chatting, game online, dan sebagainya.

3.  Menjalankan Javascript
Javascript merupakan bahasa script yang berjalan pada web browser, sehingga untuk menuliskan skrip  javascript  cukup menggunakan text editor sedangkan untuk menjalankan hasilnya cukup dengan web browser. Untuk aplikasi text editor kita dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Notepad. Namun, akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi khusus seperti notepad++ yang cukup ringan untuk digunakan. Sedangkan untuk web browser, kita dapat menggunakan web browser apa saja, karena sebagian besar web browser dapat menjalakan skrip javascript.

B. Meletakkan Kode Javascript
Ada berbagai cara meletakkan kode javascript pada dokumen HTML. Anda dapat menggunakan cara yang paling sesuai dengan selera Anda. Namun, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan atau keadaan. Berikut berbagai cara meletakkan kode Javasacript.

1.  Menggunakan Event Handler (Inline)
Cara ini biasanya digunakan jika kode javascript hanya sedikit atau sekedar memanggil fungsi. Cara meletakkan kode javascript melalui cara ini yaitu dengan meletakkan kode setelah attribut event pada tag HTML. Pada contoh skrip berikut, kita akan menampilkan kotak pesan ketika dokumen baru dibuka dan ketika klik tombol. Untuk lengkap nya silahkan unduh disini

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

Penjualan Angsuran

Penjualan Angsuran (Barang Tidak Bergerak/Bukan Barang Dagang) I.                    Pendahuluan Metode penjualan  angsuran...

Artikel Lainnya

 
Support : Creating Website | mediabelajar14 | Mas Iman
Copyright © 2011. www.mediabelajar14.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Iman
Proudly powered by Seocips